Anda membutuhkan tanaman dalam partai besar? Kami tawarkan harga terbaik untuk anda. Segera hubungi kami
081 3355 95272

Jual Tanaman Cemara Papua Harga Murah

Cemara papua dikenal juga sebagai cemara natal atau cemara pua pua. Bentuk cemara ini yang paling sering digunakan sebagai pohon natal, ciri khas daunnya yang paling cemara banget diantara semua cemara karena bentuknya seperti tanduk-tanduk rusa jika dilihat dari dekat, warna juga hijau cerah.

Jika Anda membutuhkan Tanaman Cemara, kami menyediakan tanaman Cemara Papua dan Cemara Pentris berkualitas unggul yang bisa Anda pilih. Hubungi kami di
www.anekabibitmurah.com & www.istanabibit.com
YouTube: Istana Bibit
Facebook: Aneka Bibit Murah

Tanaman Cemara Papua

Cemara Pentris

Cemara yang dapat mencapai tinggi sekitar 6 meter ini memiliki cabang dan ranting yang tersusun rapi dan ditutup oleh daun­daun dengan bentuk menyerupai jarum yang tumpul.
Daun daun muda memiliki panjang sekitar 1­1,5 cm, tebal 1 mm dan berwarna selalu hijau dan berada di dasar tanaman muda.
Cabang­ cabang terlihat tidak simetris. Permukaan batang tanamannya kasar dan mengandung resin sehingga dikenal sebagai tanaman penghasil resin yang dapat dimanfaatkan juga di industri kosmetika.
Memiliki bunga degan benang sari yang banyak yang dapat menghasilkan buah berbentuk runjung yang jika sudah matang berukuran besar dengan diameter 10­13 mm.
Bentuk pohon secara keseluruhan menyerupai piramida sehingga sering dimanfaatkan sebagai pohon natal.
Menyukai kondisi lingkungan dengan intesitas cahaya matahari penuh, tanah gembur, drainase yang baik, dan menyukai dataran rendah.

Jenis Jenis Cemara

Seperti yang sudah dibahas di atas, kami menyediakan beberapa jenis cemara berkualitas unggul, diantaranya Cemara Mas, Cemara Kipas, Cemara Udang, dan Cemara Embun. Berikut penjelasannya:
  1. Cemara Mas
    Cemara ini mempunyai daun dengan warna kuning menyala, itulah kenapa disebut dengan nama Chinese Golden Tree, atau Cemara Emas dari China. Tanaman ini mempunyai daun yang unik karena daunnya berwarna kuning maka tidak kelihatan perbedaan antara daun yang sudah menguning dan daun yang masih sehat. Cocok untuk ditanam di halaman rumah.
  2. Cemara Kipas
    Pohon Cemara Kipas yang mempunya nama latin Thuja Occidentalis ini adalah jenis pohon cemara dari keluarga Cupressaceae dengan genus Thuja yang dikenal dengan nama Whitecedar. Di Indonesia dikenal dengan nama Cemara Kipas, meskipun ada juga yang menyebut tanaman cemara ini dengan tanaman cakar ayam.
  3. Cemara Udang
    Cemara Udang dengan nama latin Casuarina equisetifolia linn adalah tanaman asli Indonesia, memiliki daun dengan ujung lancip seperti jarum, batangnya besar, kulitnya hitam kasar. Tanaman ini walaupun memiliki postur ukuran besar tetapi sering dibuat sekecil mungkin sebagai bonsai dan diletakkan di pot maupun taman. Bentuknya bisa dibentuk artistik karena batangnya bisa melengkung-lengkung seperti udang.
  4. Cemara Embun
    Tanaman ini dinamakan cemara embun karena daunnya seperti berembun, berwarna hijau muda keputih-putihan seakan-akan selalu bawah oleh embun. Tanaman cemara ini berpostur relatif kecil dan bisa ditanam di dalam pot untuk memperindah halaman rumah.

Budidaya Cemara

PENGAMBILAN BIJI

Biji Cemara Udang yang digunakan adalah biji yang diambil dari buah cemara udang yang sudah matang. Ciri – ciri buah cemara udang yang sudah matang adalah kulit buahnya berwarna hijau ke kuning-kuningan dan sudah merekah di ujung buahnya. kemudian buah tersebut di jemur agar biji yang berada di dalamnya mudah untuk dikeluarkan selama 3 hari atau kurang lebih 36 jam (tergantung kondisi cuaca), setelah proses penjemuran selesai kemudian biji dikeluarkan dengan cara membuka cangkang buahnya. setelah biji dikeluarkan kemudian dilakukan penjemuran selama 6 jam(tergantung kondisi cuaca) agar biji benar-benar kering dan siap semai.

PENYEMAIAN BIJI

Penyemaian dilakukan dengan cara mengambil biji cemara yang sudah kering kemudian direndam dalam larutan fungisida selama 30 menit, lalu dikering anginkan sampai biji benar-benar kering. Sebelum proses penyemaian dilakukan, tanah untuk lokasi semai harus sudah siap, setelah lokasi semai siap baru biji yang yang telah diberi fungisida disebar dengan tangan secara merata diatasnya. Penyemaian biji dimaksudkan untuk mendapatkan benih/bibit cemara udang, jangka waktu penyemaian kurang lebih 2 bulan atau sampai benih cemara udang mencapai tinggi 7 cm.

PERAWATAN CALON BENIH/BIBIT

Perawatan dilakukan secara kontinyu agar benih/bibit yang dihasilkan mempunyai kualitas yang baik. Perawatan yang dilakukan antara lain dengan melakukan penyiraman 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari, pemupukan menggunakan pupuk organik cair, pemberantasan hama dengan pestisida cair apabila benih terkena penyakit dan pembersihan penyemaian dari gulma atau tanaman lain yang dapat mengganggu pertumbuhan benih cemara udang.

PERSIAPAN PEMBIBITAN TANAMAN

Pembersihan Lapangan
Lokasi untuk pembibitan harus benar-benar bersih dari kotoran, rumput atau tanaman lainnya.
Pembuatan Bedengan
Pembuatan bedengan dilakukan diatas lokasi yang telah dibersihkan, bedengan berfungsi untuk menempatkan polibag. Diantara bedengan satu dengan lainnya diberi jarak sekitar 50 cm hal ini untuk mempermudah proses penyiraman maupun perawatan.
Pengisian tanah ke polibag
Polibag yang digunakan berukuran 15 X 20 cm, kemudian tanah yang sudah disiapkan dimasukan ke dalam polibag setelah selesai polibag ditata diatas bedengan.
Pembuatan Pagar
Pembuatan pagar bertujuan untuk menghindarkan bibit dari jangkauan ayam atau hewan lain yang bisa memakan/merusak benih cemara udang muda.

PENYAPIHAN BENIH

Penyapihan benih adalah memisahkan benih dari lokasi penyemaian ke polibag yang telah terisi oleh media tanam (pasir/tanah). Penyapihan dilakukan dengan cara mengambil satu benih cemara dari penyemaian dan di tanam ke dalam polibag yang berada di bedengan.

PERAWATAN PEMBIBITAN

Pemupukan
Pupuk yang digunakan adalah pupuk organik cair. Pemupukan bertujuan untuk memberikan suplai makanan yang cukup bagi pertumbuhan benih cemara udang.
Penyulaman
Penyulaman dilakukan kepada bibit yang mati, hal ini dilakukan agar target bibit  dapat terpenuhi.
Penyiangan
Penyiangan dilakukan untuk menghindarkan bibit dari gulma, rumput dll yang dapat mengganggu pertumbuhan benih cemara udang
Penyiraman
Penyiraman dilakukan setiap hari antara pagi dan sore hari sampai benih berumur 180 hari atau kurang lebih mencapai tinggi 70 cm.

Kunjungi kami :
www.anekabibitmurah.com & www.istanabibit.com
YouTube: Istana Bibit
Facebook: Aneka Bibit Murah
Jual Tanaman Cemara Papua Harga Murah Jual Tanaman Cemara Papua Harga Murah Reviewed by Unknown on Juni 02, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.