Anda membutuhkan tanaman dalam partai besar? Kami tawarkan harga terbaik untuk anda. Segera hubungi kami
081 3355 95272

Jual Benih Biji Jabon Merah Siap Semai Harga Murah

Jual Benih Biji Jabon Merah Siap Semai Harga Murah

Jabon Merah Samama merupakan salah satu andalan tanaman pohon perkebunan yang tumbuh cepat. Tinggi tanaman mencapai 40 m dgn batang bundar dan tegak lurus, lingkar batang mencapai 150 cm (diameter 40-50 cm). jabon merah samama merupakan tanaman pioner yang toleran cahaya sehingga dapat hidup dibawah naungan sekalipun. jabon merah samama ini dapat hidup di ketinggian 100-1000 mdpl dan yang menjadikan jabon merah samama cocok untuk pohon perkebunan adalah pohon ini siap panen pada umur 6 - 10 tahun.

Jika Anda menginginkan benih biji jabon merah dengan kualitas yang unggul dengan harga terjangkau, silahkan hubungi kami untuk memesanya di
www.anekabibitmurah.com & www.istanabibit.com
YouTube: Aneka Bibit Murah
Facebook: Aneka Bibit Murah 

Jabon Merah

Jabon Merah Samama merupakan salah satu andalan tanaman pohon perkebunan yang tumbuh cepat (fast growing species). Tinggi tanaman mencapai 40 m dgn batang bundar dan tegak lurus, lingkar batang mencapai 150 cm (diameter 40-50 cm). jabon merah samama merupakan tanaman pioner yang toleran cahaya sehingga dapat hidup dibawah naungan sekalipun. jabon merah samama ini dapat hidup di ketinggian 100-1000 mdpl dan yang menjadikan jabon merah samama cocok untuk pohon perkebunan adalah pohon ini siap panen pada umur 6 - 10 tahun. Jabon merah samama umur 10 tahun rata-rata volume dalam satu pohon adalah 0,8 - 1,0 m3bahkan bisa lebih untuk perawatan maksimal. jabon merah samama mampu berkembang biak secara dominan.

Perbanyakan dapat dibuat dengan cabutan/anakan di hutan, untuk membuat bibit jabon merah samama dalam jumlah besar bisa dengan menyemaikan biji.dari penaburan 200 gr saja bisa menghasilkan 100 rb bibit pohon jabon merah samama. Hasil pengujian di laboratorium berat jenis (density) Jabon Merah samama ini adalah 0,44 - 0,51 atau  diatas Jabon Putih. Warna kayu jabon merah samama kemerah-merahan menyerupai kayu meranti.

Manfaat Jabon Merah

Selain diambil kayunya, kulit kayu Jabon Merah samama dapat dipakai obat yang berkhasiat untuk:
  • Penambah stamina
  • Mengurangi rasa lelah
  • Penurun kolesterol
  • Penyubur kandungan
Cara mengolah untuk obat
  • Kulit kayu Jabon Merah Samama dicuci bersih kemudian dipotong 1 x 3 cm lalu dijemur sampai kering
  • Jika ingin digunakan ambil 5-7 potong kemudian diseduh dengan air mendidih 1 gelas
  • Biarkan sampai hangat
  • Diminum pagi atau sore setelah makan

Kelebihan Pohon Jabon

Banyak sekali kelebihan Jabon dibanding dengan pohon kayu lain misalnya kita bandingkan dengan sengon, diantaranya :
  1. daunnya tidak disukai ternak, sehingga tidak perlu khawatir terjadi pencurian daun
  2. daun jabon akan rontok sendiri, itu akan membuat kayu jabon lurus rata ke atas tidak ada benjolan
  3. selperti sebutkan di atas, tidak dihinggapi tumor karat
  4. kayu jabon juga lebih banyak manfaatnya dibanding kayu sengon, lebih banyak diserap oleh banyak industri diantaranya kayu lapis, industri meubel, Tripleks, pulp, Papan, produsen peti buah, Alas sepatu, mainan anak-anak dan korek api
  5. perawatan lebih mudah
  6. dapat bertumbuh di berbagai jenis tanah seperti; tanah liat, tanah lempung atau pun tanah berbatu
  7. pertumbuhan lebih cepat
  8. siap panen di umur 4 tahun ataupun 5 tahun

Gambar Benih Biji Jabon Merah


Budidaya Jabon Merah

Penyemaian Bibit
Proses pembibitan adalah salah satu tahapan terpenting dalam budidaya jabon. Proses ini menjadi penting karena kecepatan tumbuh pohon jabon dan kualitas kayu yang terhasilkan sangat tergantung pada bibit yang digunakan. Untuk menghasilkan bibit kualitas terbaik, benih tanaman ini perlu disebar di media pasir halus. Tempatkan pasir halus tersebut di bak plastik yang telah dilubangi bagian bawahnya. Kemudian siapkan bak berisi air, dan letakkan bak yang telah berisi sebaran benih tadi di bak tersebut, sehingga air bisa merambat melewati lubang yang dibuat pada bak persemaian tersebut. Apabila bibit telah tumbuh dan muncul daun berukuran sekitar 1 cm, maka bibit tersebut sudah dapat dipindah ke polybag.

Penentuan Jarak Tanam
Proses penentuan jarak tanam termasuk tahapan penting dalam budidaya jabon. Karena jarak tanam ini menjadi salah satu faktor penentu kualitas pohon yang terhasilkan. Jarak tanam akan mempengaruhi tingkat intensitas mendapatkan sinar matahari. Jarak tanam ideal pada budidaya jabon yaitu 3 x 4 meter, dengan menggunakan pola tanam monokultur. Cara menanam jabon dengan pola ini sangat penting untuk menjaga jabon bisa tumbuh optimal. Saat Jabon mulai tumbuh tinggi, masing-masing cabang akan bersinggungan. Apabila jarak tanam terlalu rapat, maka pohon jabon tidak bisa tumbuh optimal.

Pembuatan Lubang Tanam
Pembuatan lubang tanam ini sebaiknya diselesaikan seminggu sebelum penanaman bibit dilakukan. Ukuran lubang idealnya adalah 40 x 40 x 40 cm. Taburkanlah pupuk kandang dan atau kompos yang telah dicampur dengan pupuk TSP secukupnya pada lubang tersebut. Jumlah pupuk yang dimasukkan yaitu sepertiga dari tinggi lubang. Setelah itu, masukkan tanah di bagian atasnya, kemudian aduk sampai rata. Kemudian tutuplah lubang tersebut, dan jangan lupa untuk memberi tanda pada bekas lubang.

Penanaman
Waktu ideal untuk menanam jabon adalah di musim penghujan. Cara menanam jabon dengan mengandalkan ketersediaan air hujan sangat efektif untuk dilakukan, karena Anda tidak perlu pusing dengan ketersediaan air. Perlu diingat, tanaman ini cukup sensitif terhadap kekeringan. Proses penanaman dilakukan seminggu setelah pembuatan lubang. Galilah kembali tanah yang telah tercampur dengan pupuk sebelumnya. Setelah itu, siapkan bibit jabon dan lepas secara perlahan dari polybag. Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai akarnya rusak. Selanjutnya, masukkan bibit jabon ke dalam lubang secara tegak lurus. Kemudian timbunlah sekeliling bibit dengan menggunakan tanah bekas galian.

Perawatan Tanaman
Pertumbuhan jabon sangat bergantung pada ketersediaan unsur hara di tanah. Untuk menjaga ketersediaan unsur hara, lakukanlah pemupukan hingga jabon berumur tiga tahun. Namun agar hasilnya optimal, Anda bisa meneruskan pemupukan sampai waktunya panen, yaitu pada umur 5 tahun atau lebih. Sangat dianjurkan untuk menggunakan pupuk organik seperti halnya kompos, bokhasi, maupun pupuk kandang, karena pupuk ini berfungsi sebagai penghasil unsur hara dan mineral di dalam tanah. Pemberian pupuk kimia perlu diimbangi dengan menggunakan pupuk organik. Jika tidak, tanah akan menjadi jenuh dan mineral dari pupuk kimia tidak akan bisa terurai di dalam tanah.

Selain pemupukan, Anda juga perlu menyiangi gulma yang mengganggu. Lakukan tiga sampai empat kali dalam setahun. Agar penyerapan unsur hara melalui akar bisa optimal, jagalah kebersihan di area sekitar pohon, terutama pada saat tanaman belum mencapai umur satu tahun. Anda bisa mengumpulkan sampah dedaunan membentuk cincin yang mengelilingi batang pohon, dengan radius sekitar satu meter. Agar sampah ini cepat terurai, Anda bisa menyiramnya dengan bakteri pengurai agar proses fermentasi bisa lebih cepat berlangsung. Setelah daya serap dari akar sudah cukup kuat, sampah bisa dibiarkan tanpa perlu dikumpulkan dan diberi bakteri pengurai.

Kunjungi www.anekabibitmurah.com & www.istanabibit.com
YouTube: Aneka Bibit Murah
Facebook: Aneka Bibit Murah
Jual Benih Biji Jabon Merah Siap Semai Harga Murah Jual Benih Biji Jabon Merah Siap Semai Harga Murah Reviewed by Unknown on Agustus 13, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.