Anda membutuhkan tanaman dalam partai besar? Kami tawarkan harga terbaik untuk anda. Segera hubungi kami
081 3355 95272

Jual Tanaman Herbal Stevia Harga Murah

Jual Tanaman Herbal Stevia Harga Murah

Tanaman Stevia merupakan tanaman sebagai pengganti gula. Stevia muncul sebagai tanaman yang digunakan masyarakat untuk menghindari akan bahaya gula. Gula sebagai bahan pokok yang dikonsumsi sehari-hari menjadi ancaman terutama bagi penderita diabetes.

Anda bisa mendapatkan Tanaman Herbal Stevia dengan harga yang pastinya sepadan dengan manfaatnya. Hubungi kami di
www.anekabibitmurah.com & www.istanabibit.com
YouTube: Aneka Bibit Murah
Facebook: Aneka Bibit Murah

Tanaman Stevia

Stevia adalah tanaman perdu yang tumbuh pada tempat dengan ketinggian 500-1000 m di atas permukaan laut, di dataran rendah stevia akan cepat berbunga dan mudah mati apabila sering dipanen. Suhu yang cocok berkisar antara 14-270C dan cukup mendapat sinar matahari sepanjang hari. Terdapat beberapa cara untuk memperbanyak stevia, yaitu dengan mengecambahkan biji stevia, stek batang, pemisahan rumpun ataupun dengan kultur jaringan.

Bagian tanaman stevia yang digunakan sebagai pemanis adalah daunnya. Daun stevia dapat langsung digunakan sebagai pemanis. Cara untuk memanfaatkannya yaitu dengan dikeringkan. Proses pengeringan tidak memerlukan panas yang tinggi. Untuk skala rumah tangga, cukup dengan mengeringkannya di bawah sinar matahari selama kurang lebih 12 jam, mengeringkannya lebih dari itu akan menurunkan kadar steviosidanya. Atau dengan mengeringkan daun stevia di dalam microwave selama 2 menit, kemudian diserbukkan. Serbuk ini dapat langsung dikonsumsi sebagai pemanis makanan.

Pemanis stevia juga dapat dikonsumsi dalam bentuk cair, yakni dengan merendamnya selama 24 jam kemudian disimpan di dalam kulkas. Perbandingan air dengan stevianya 1 : 4. Yang harus tetap diperhatikan adalah faktor keamanannya. Jangan menggunakan stevia secara langsung apabila daun terpapar pestisida atau bahan kimia lain yang berbahaya bagi kesehatan. Stevia atau Stevia rebaudiana Bertoni merupakan tanaman dari famili Asteraceae (Compositae) yang berasal dari Paraguay.

Tanaman ini berbentuk perdu dengan tinggi 60 - 90 cm, bercabang banyak, berdaun tebal dan berbentuk lonjong memanjang, batang kecil ramping dan berbulu, mempunyai sistem perakaran halus yang berada dekat dengan permukaan tanah dan perakaran tebal, rapat dan kasar tumbuh menembus ke dalam tanah.

Beberapa hasil studi menyatakan bahwa tingkat kemanisan gula stevia lebih tinggi 300 kali daripada gula tebu, bersifat tidak karsinogenik dan rendah kalori, sehingga cocok untuk penderita diabetes melitus dan obesitas. Keunggulan tingkat kemanisan gula stevia tersebut berasal dari senyawa kimia penyusunnya dan komposisi kandungan penyusun terbesar adalah steviosida danrebaudiosida-A.

Manfaat Dan Kandungan Stevia

  1. Sebagai pemanis Tanaman stevia memiliki rasa yang sangat manis, rasa manis ini (glikosida steviol) ketika diektrak dapat dimanfaatkan sebagai pemanis makanan , minuman, dan produk farmasi.
  2. sebagai perawatan rambut. ekstrak stevia ini diperkaya dengan berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi perawatan rambut, seperti perbaikan tekstur rambut dan juga kulit kepala. karakteristik anti mikroba ektrak stevia membuatnya menjadi bahan yang sempurna untuk membantu mengurangi, menghilangkan dan mencegah ketombe.
  3. untuk perawatan kulit selain mengandung glikosida, ekstrak daun stevia juga diperkaya protein, serat, karbohidrat, fosfor, besi kalsium, kalium, natrium, magnesium, rutin (flavonoid), zat besi, seng, Vitamin C, Vitamin A dan klorofil.
  4. untuk perawatan gigi herbal stevia merupakan anti bakteri yang sangat efektif untuk perawatan gigi, hal ini terutama karena karakteristik stevia baik untuk menghilangkan kondisi yang kondusif berkembang biak kuman dan bakteri, stevia bubuk murni (serbuk daun stevia) memiliki kemampuan membunuh bakteri yang menyebabkankerusakan gigi dan penyakit gusi.
  5. sebagai pencegah diabetes stevia dapat membantu mencegah atau mengobati diabetes tipe 2, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi september 2012 dari "Journal of Physiology dan bio kimia". dalam studi hewan, suplementasi dengan rebaudioside A, senyawa aktif dalam stevia, penurun kadar gula darah dan enzim-enzim hati dipulihkan terkait pencernaan dan distribusi karbohisrat hingga mendekati normal.
  6. sebagai Pencegahan kanker Senyawa stevia yang diturunkan disebut isosteviol dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker.

Gambar Tanaman Herbal Stevia

Budidaya Stevia

a. Pembibitan Stevia
Bibit stevia dapat diperoleh dengan beberapa cara diantaranya dari benih, stek, tunas dan juga kultur jaringan. Namun cara yag paling banyak digunakan yaitu pembibitan melalui stek karena diras lebih cepat dan praktis. Pembibitan dengan stek dilakukan dengan menggunakan naungan plastik kedap udara bersuhu rendah dan juga kelembapan udaranya mendekati 100%. Setelah berumur 3-4 minggu, bibit stek dapat dipindah tanamkan pada lahan yang telah disiapkan

b. Penanaman Stevia
sebelum melakukan penanaman, lahan tanam yang akan digunakan untuk budidaya stevia digemburkan dengan cara di cangkul atau di bajak sebanyak 2 kali. Selanjutnya buatlah bedengan dengan ukuran lebar sekitar 100-125 cm, tinggi sekitar 20 cm dan untuk panjangnya dapat disesuaikan dengan lahan tanam. Apabila lahan tanam yang digunakan berkontur miring maka sebaiknya dibuat teras terebih dahulu. Setelah semua siap, selanjutnya lakukan penanaman. Bibit ditanam dengan jarak tanam sekitar 25cmx25cm atau 30cmx30cm dengan dalam setiap bedengan 4-5 baris bibit. Sebelum ditanam dalam lubang tanam yang dibuat diberi pupuk organik baik itu pupuk kandang atau pupuk kompos dengan dosis sekitar 250 gram/lubang tanam. Waktu yang baik untuk melakukan penanaman stevia yaitu pada musim hujan.

c. Pemeliharaan Stevia
Setelah melakukan penanaman maka perlu dilakukan pemeliharaan berupa pemupukan, pemangkasan dan pengendalian hama penyakit.

d. Pemanenan Daun Stevia Dan Pasca Panen
Daun stevia mulai dapat dipanen setelah berumur 40-60 hari setelah penanaman dan pemanenan berikutnya dapat dilakukan setiap 30-60 hari sekali. Pemanenan ini jangan lambat karena dapat menurunkan kadar gula yang ada pada daun.

Kunjungi www.anekabibitmurah.com & www.istanabibit.com
YouTube: Aneka Bibit Murah
Facebook: Aneka Bibit Murah
Jual Tanaman Herbal Stevia Harga Murah Jual Tanaman Herbal Stevia Harga Murah Reviewed by Unknown on Agustus 17, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.