Anda membutuhkan tanaman dalam partai besar? Kami tawarkan harga terbaik untuk anda. Segera hubungi kami
081 3355 95272

Jual Tanaman Pinus Merkusi Harga Murah

Jual Tanaman Pinus Merkusi Harga Murah

Pohon Pinus Merkusii adalah salah satu jenis tanaman yang banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia. Manfaat pohon pinus selain untuk diambil getahnya, tanaman pinus juga berguna sebagai penghasil kayu maupun untuk konservasi lahan.

Jika Anda ingin membudidayakan tanaman Pinus, silahkan hubungi kami untuk mendapatkan bibit dengan kualitas yang unggul dengan harga yang terjangkau. Hubungi kami di
www.anekabibitmurah.com & www.istanabibit.com
YouTube: Aneka Bibit Murah
Facebook: Aneka Bibit Murah

Pinus Merkusi

Pinus Merkusi termasuk famili Pinaceae, tumbuh secara alami di Aceh, Sumatera Utara dan Gunung Kerinci. Tumbuhan jenis ini mempunyai sifat pioner yaitu dapat tumbuh baik pada tanah yang kurang subur seperti padang alang-alang.

Pohon pinus Pinus Merkusii adalah salah satu jenis tanaman yang banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia. Manfaat pohon pinus selain untuk diambil getahnya, tanaman pinus juga berguna sebagai penghasil kayu maupun untuk konservasi lahan.

Getah pinus pada tahap lebih lanjut akan diproses hingga menjadi produk olahan seperti gondorukem dan juga terpentin. Gondorukem adalah hasil olahan dari getah pohon pinus yang biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan cat, resin, hingga sabun mandi. Sedangkan terpentin dapat dimanfaatkan untuk diolah lebih lanjut menjadi parfum, bahan obat, hingga desinfektan.

Sedangkan hasil kayu dari pohon pinus dapat digunakan untuk konstruksi bangunan, korek api, kertas dengan serat panjang, serta pulp atau bubur kertas. Sedangkan bagian dari kulit pinus bermanfaat untuk bahan bakar serta abu hasil pembakaran kulit pinus tersebut dapat dipakai untuk campuran pupuk organic.

Ciri pinus diantaranya daunnya berbentuk seperti jarum, serta pada bagian pangkal pohon terkelilingi oleh sisik yang berbentuk selaput tipis dengan panjang kurang lebih 0,5 cm. tinggi dari pohon pinus berkisar antara 20 meter hingga 40 meter.

Diameter dari pohon pinus bervariasi,namum umumnya berdiameter 100 cm. Pinus tidaklah berbanir, dengan kulit batang berwarna coklat bertekstur kasar, beralur lebar dan dalam, serta tidak mengelupas Bunga jantan pinus memiliki panjang kurang lebih 2 cm, bentuk bunga jantan membentuk seperti bulir, terutama pada tunas yang masih muda. Sedangkan bunga betina pinus berbentuk silindris seperti bentuk telur. Biji pinus yang unggul berwarna kecoklatan, dengan bentuk biji bulat, padat, serta tidak berkerut.

Gambar Pinus Merkusi

Budidaya Pinus Merkusi

Pembenihan
Pada tahap pembibitan digunakan benih dari bunga pinus kering di pohon. Setiap bunga kering berisi sekitar 45.000-60.000 butir/kg. Pilih bunga yang baik dengan ciri-ciri warna kulit buah sudah menguning hampir kecoklatan dan berbintik hitam, bentuk bunga bulat, padat, dan tidak mengkerut. Keluarkan biji dari dalam bunga, kemudian rendam dalam air selama 3-4 jam sebelum disemai. Pilih benih yang tenggelam dan buang yang mengambang untuk disemaikan. Semaikan pada media persemaian dari campuran tanah dan pasir dengan perbandingan 1 : 2 yang telah di jemur selama 4-6 jam dibawah terik matahari. Masukkan media pada bak semai setinggi 5 cm. Taburkan benih diatasnya dan pindahkan bak di tempat yang teduh dan terhindar dari hujan juga panas matahari. Setelah 10 - 15 hari maka benih akan berkecambah. Setelah usia menginjak 5-8 minggu atau sudah daun jarum pertama maka lakukan perawatan dan pemeliharaan.

Pemeliharaan Bibit
Lakukan penyiraman bibit yang sudah disemai dengan hati-hati secara teratur setiap hari saat pagi hari dan sore hari. Letakkan persemaian pada naungan agar terhindar dari air hujan dan panas matahari secara langsung. Lakukan pemupukan dengan NPK setiap 2 minggu sekali. Segera lakukan penyulaman jika ada bibit yang mati. Terapkan penyiangan pada bibit yang terserang gulma dan rumput liar. Pastikan bibit tumbuh dengan baik, rapikan apabila ada akar-akar yang keluar dari polybag.

Persiapan Lahan
Persiapan lahan yang harus dilakukan adalah dengan menaburkan kompos/pupuk kandang pada lahan tanam dengan komosisi 2 ton/hektar. Pemberian nutrisi dasar tersebut dilakukan saat 3-4 minggu sebelum masa penggarapan tanah dengan pembajakan dan pencangkulan. Hal ini dimaksudkan agar tanah menjadi gembur dan mengandung nutrisi dasar. Jika kondisi tanah ber-pH rendah maka tambahkan kapur/dolomit agar pH tanah menjadi netral. Setelah itu diamkan tanah selama 2-3 minggu sebelum ditanami.

Penanaman
Lepaskan kantong plastik persemaian lalu letakkan pada lubang yang telah dibuat. Pastikan posisi tanam tegak dan letakkan dengan hati-hati agar akar tidak rusak. Tutup lubang dengan tanah lalu padatkan dengan lembut tanah disekitarnya. Kemudian siram agar kelembaban tanah tetap terjaga.

Pemeliharaan
Pemeliharaan yang dilakukan adalah
(1) penyulaman, dilakukan pada tumbuhan yang mati saat tanam.
(2) penyiangan, dilakukan saat gulma dan rumput liar merimbun disekitar tanaman muda.
(3) pendangiran, dilakukan saat tanah terlalu keras dan drainase buruk.
(4) Pemberantasan hama dan penyakit, dilakukan pada tanaman yang terserang hama dan penyakit dengan cara memberikan pestisida yang cocok dan sesuai dosis.
(5) Penjarangan, dilakukan agar pinus dapat tumbuh optimal dengan melakukan pemilihan dan penebangan tanaman yang kurang produktif.
(6) Pengendalian bencana kebakaran, dilakukan saat terjadi kebakaran yang melanda areal tanam dengan memutus jalur api searah radius rambatan api. Panen Setelah umur 10 tahun pinus sudah mulai bisa diambil getahnya. Sedangkan untuk kayu mebel sebaiknya setalah umur 30 tahun atau tebal kayu antara 238-322 meter kubik per hektar dan untuk kayu pulp bisa pada umur 10 - 15 tahun.
Jual Tanaman Pinus Merkusi Harga Murah Jual Tanaman Pinus Merkusi Harga Murah Reviewed by Unknown on Agustus 20, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.